Informasi Lengkap Wisata Candi Singhasari Malang Jawa Timur

Bagi Anda yang mencari wisata sejarah di Kota Malang, kunjungilah Candi singhasari. Candi ini tak hanya cantik namun memberikan wawasan budaya bagi Anda.

Kota Malang adalah kota yang memiliki banyak tempat wisata, setiap berkujung kesana pasti Anda akan menemui tempat-tempat wisata baru. Tempat wisata tersebut mulai dari gunung sampai ke pantai. Namun ada satu tempat wisata lama dan bersejarah yang harus Anda kunjungi, yaitu Candi Singhasari. Tempat wisata ini tak hanya bersejarah namun juga memiliki manfaat edukatif. Berpadu dengan suasana pegunungan yang sejuk, candi Singosari dapat menjadi lokasi wisata yang tepat bagi Anda dan keluarga saat bertandang ke Kota Malang. Selain itu, berwisata ke candi dapat memberikan wawasan tentang budaya dan sejarah dari kota dimana candi tersebut berada.

Candi Singhasari Malang, Jawa Timur

Candi Singosari dikenal pula sebagai candi Menara atau candi cungkup karena bentuknya yang seperti menara. Nama tersebut juga menerangkan bahwa candi Hindu-Buddha ini pernah menjadi candi tertinggi pada masa tersebut. Namun sayangnya, di kompleks candi tersebut hanya tersisa candi Singosari saja. Apakah Anda tertarik untuk berkujung kesini? Mari simak informasi lengkap seputar Candi Singhasari yang telah kami rangkum.

1.      Lokasi Candi Singhasari

Lokasi candi Singosari yang dekat dengan kota membuat tempat ini cocok untuk Anda sambangi, karena candi ini terletak dijalur utama Malang-Surabaya, tepatnya desa Candi Renggo, kecamatan Singosari, kabupaten Malang. Apabila Anda menginap di pusat Kota Malang, Anda dapat berjalan ke arah Surabaya sejauh 9 km untuk mencapai ke candi ini. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun bis umum. Bis umum yang digunakan yaitu SKL dengan trayek Singosari-Ketangi-Landungsari, kemudian turun di pasar Singosari. Lokasi Candi Singhasari terletak di arah utara sejauh 500 meter dari pasar tersebut.

2.      Sejarah Singkat Candi Singosari

Beberapa candi di seputaran Malang, memiliki sejarah erat tentang kerajaan Singosari. Dimana kerajaan tersebut adalah keturunan-keturunan dari Ratu Ken Dedes dan kedua suaminya, yaitu Raja Tunggul Ametung dan Ken Arok. Candi ini diperkirakan didirikan pada tahun 1300 SM. Menurut Sejarah Singkat Candi Singosari didirikannya candi tersebut bertujuan sebagai penghormatan kepada Raja Kertanegara. Selain candi singosari, masih ada candi lain yang dibangun untuk tujuan tersebut, yaitu candi Jawi. Kedua candi tersebut merupakan candi Syiwa, hal tersebut tampak dari keberadaan beberapa arca dewa syiwa di seputaran candi.

3.      Bentuk dan Arsitektur Candi Singosari

Bangunan dari candi Singosari bertempat ditengah-tengah halaman. Pondasi candi berupa batur setinggi 1,5 m, namun tidak dihiasi oleh relief. Pada tangga naik ke canditidak terdapat adanya pagar dengan makara seperti candi pada umumnya. Pintu masuk candi Singosari sederhana dan menghadap ke selatan. Relung tempat menyimpan arca pada candi ini terletak disisi kanan dan kiri candi. Karena bagian bawah atap candi berbentuk persegi, sekilas candi ini terlihat seperti memiliki dua tingkat.

4.      Harga tiket masuk candi singosari

Candi Singosari menjadi salah satu tujuan utama para pelancong di kota Malang. Selain karena memiliki nilai budaya yang tinggi, hal tersebut juga didukung oleh lokasi candi Singosari yang tergolong strategis, akses kendaraan yang mudah dan harga tiket masuk candi singosari yang sangat terjangkau. Bagi wisatawan dewasa, tiket masuk kesini hanya dikenai biaya sebesar Rp 5000, sedangkan bagi anak-anak tiket masuknya hanya Rp 3000.

Sekian informasi lengkap seputar Candi Singhasari yang telah kami rangkum khusus untuk Anda. Semoga dapat memberi referensi untuk Anda. Apabila Anda mengujungi kota Malang sempatkanlah untuk berwisata di candi yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *