Informasi Lengkap Wisata Museum Brawijaya Malang

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Malang, mari berwisata ke Museum Brawijaya Malang, Anda dapat berwisata sekaligus menambah ilmu tentang sejarah.

Berjalan-jalan atau berwisata tak hanya memiliki tujuan untuk menyegarkan diri, namun sebaiknya juga dapat menambah wawasan. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah wawasan saat berlibur. Salah satu cara termudahnya yaitu dengan berkunjung ke candi, monumen maupun museum. Museum Brawijaya Malang dapat menjadi pilihan yang tepat bagi wisata edukasi Anda dan keluarga. Museum ini merupakan salah satu museum yang dimiliki oleh kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Koleksi yang dimiliki museum ini cukup lengkap dan fasilitasnya memadai. Selain itu lokasinya juga mudah dijangkau. Mari kita simak informasi lengkapnya.

Museum Brawijaya Malang

Museum yang terletak di tengah Kota Malang ini koleksinya didominasi oleh tema kemiliteran. Tak hanya koleksi sejarahnya yang menarik para pengunjung datang ke museum ini. Ternyata museum Brawijaya juga menyimpan sebuah koleksi dengan cerita mistis. Simak selengkapnya dibawah ini.

1.      Alamat Museum Brawijaya Malang

Museum ini menjadi pilihan utama bagi wisata edukasi siswa di seputaran Kota Malang. Hal tersebut dikarenakan lokasinya mudah dijangkau, baik oleh kendaraan umum maupun pribadi. Alamat Museum Brawijaya Malang yaitu di jalan Ijen nomor 25 Kota Malang. Apabila Anda berada di Stasiun Kota Baru, Anda dapat menaiki angkutan umum kode AL untuk kesini, atau menggunakan panduan google maps bagi Anda yang berkendaraan pribadi. Berada di lahan seluas kurang lebih 6825 meter persegi, area dalam museum ini dibagi menjadi dua bagian. Area pertama berupa area pamer dan selanjutnya area perkantoran.

2.      Sejarah Museum Brawijaya Malang

Museum Brawijaya didirikan pada tahun 1952. Tujuan mendirikan musem Brawijaya adalah untuk mengenang perjuangan dan jasa dari rakyat Jawa Timur serta para TKR dari Agresi Militer oleh BelAnda. Menurut sejarah Museum Brawijaya Malang ide untuk membangun museum ini dipelopori oleh Brigjen TNI (Purn) Soerachman Pengdam VIII/BRW. Namun baru di tahun 1968, Kolonel Purnawirawan Dr. Soewondo mersemikan museum ini dan di memberinya sebuah motto yaitu “Citra Utha Pana Cakra”. Motto tersebut memiliki arti cahaya yang dapat membangkitkan semangat.

3.      Koleksi Museum Brawijaya Malang

Terdapat lima lokasi koleksi di dalam museum ini antara lain; halaman depan, ruang lobi, ruang 1, ruang 2 dan halaman tengah. Koleksi lainnya yang dimiliki museum ini yaitu relief-relief yang menggambarkan kekuasaan oleh kerajaan Majapahit, pasukan Brawijaya dan foto beserta peta Kota Malang tempo dulu. Namun ada satu koleksi museum brawijaya malang yang paling menarik perhatian wisatawan, yaitu Gerbong Maut. Gerbong ini memiliki suasana mencekam, karena konon pada masa lalu digunakan sebagai pengangkut pejuang. Saking sesak dan pengapnya penumpang  tersebut sampai meninggal diperjalanan.

4.      Harga Tiket Masuk Museum Brawijaya

Mengajak keluarga atau siswa-siswi Anda untuk berwisata ke museum ini adalah pilihan yang tepat. Museum ini akan mengajarkan bagaimana mencintai sejarah bangsa kita. Namun saat berkunjung jangan lupa perhatikan jam bukanya. Museum Brawijaya dibuka setiap hari pada pukul 8 pagi hingga 2 siang, kecuali hari libur nasional dan minggu yaitu jam 8 pagi hingga 3 sore. Biaya masuk ke museum ini sama baik untuk anak maupun dewasa. Harga Tiket Masuk Museum Brawijaya hanya Rp 3000 saja. Sangat murah namun cukup berfaedah untuk meningkatkan wawasan sejarah Anda.

Demikianlah informasi lengkap tentang wisata Museum Brawijaya Malang dari kami. Kami harap dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari wisata sejarah sekaligus edukasi di seputaran wilayah Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *