Informasi Lengkap Wisata Pantai Clungup Malang Jawa Timur

Karena keindahannya pantai Clungup dikenal sebagai ‘Raja Ampatnya Jawa Timur’. Jika Anda tertarik berkujung kesini mari simak informasi wisata lengkapnya.

Kota Malang adalah surganya tempat wisata bagi para pelancong di Jawa Timur. Pelancong yang datang ke kota tersebut tak hanya berasal dari kawasan Jawa Timur, namun dari seluruh Indonesia. Keberadaan bAndara, stasiun dan akses transportasi lain membuat kota Malang mudah ditempuh oleh para wisatawan dari berbagai kota bahkan mancanegara. Kota ini sangat menarik dikunjungi karena tersebut karena Malang tersohor sebagai kota yang kaya akan destinasi wisata menarik. Salah satunya yaitu pantai Clungup yang terletak di selatan kota Malang.

Pantai Clungup Malang Jawa Timur

Pantai Clungup adalah salah satu pantai yang dimiliki kota Malang. Lokasi pantai Clungup yang berada di pesisir pantai selatan membuat pantai ini cukup terpencil sehingga keindahan alamnya masih alami. Pantai ini juga terkenal sebagai ‘Raja Ampatnya Jawa Timur’. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai Clungup, mari kita simak informasi lengkap terkait pantai ini.

1.      Lokasi Pantai Clungup

Secara administratif, pantai ini terletak di Desa Sitiharjo, di Kecamatan Sumbermanjingwetan. Perlu 2 jam perjalanan apabila ditempuh dari pusat kota Malang. Pantai ini jalurnya satu arah dengan pantai Sendang Biru. Anda dapat mengikuti pentunjuk ke Clungup Mangrove Conservation. Lokasi pantai Clungup cukup jauh dari pemukiman masyarakat. Anda perlu berjalan sekitar sekitar 1 Km melewati hutan konservasi mangrove, sehingga sangat sepi dan tidak diperbolehkan membawa kendaraan. Namun lelahnya perjalanan tersebut akan terbayar ketika Anda sampai ke pantainya.

2.      Daya Tarik Pantai Clungup

Sebelum sampai ke pantai Clungup Anda akan disuguhi cantiknya pantai Gatra. Sebenarnya pantai ini masih satu deretan dengan pantai Clungup, namun dipisahkan oleh selat kecil yang tidak terlalu dalam. Namun tidak disarankan menyeberang saat pasang, karena air dapat naik sampai sepinggang dan arusnya cukup kuat. Ombak di kedua pantai ini tak sebesar pantai lain di pesisir selatan, karena terhalang oleh mangrove dan batuan karang sehingga lebih aman. Apabila Anda ingin berkemah Anda dapat mendirikan tenda di pantai clungup gatra tiga warna, yang sudah dilengkapi dengan toilet dan tungku untuk memasak.

3.      Fasilitas Pantai Clungup

Kawasan pantai Clungup adalah kawasan konservasi hutan mangrove, sehingga fasilitas di pantai ini tak selengkap pantai atau destinasi wisata lainnya. Apabila Anda ingin menyelam atau snorkling sebaiknya Anda membawa perlatan sendiri. Pantai ini belum banyak dikenal dan dikunjungi oleh pelancong. Hal tersebut dapat menjadi nilai plus bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata yang tidak padat pengunjung. Selain dapat menikmati kesegaran lautnya Anda juga dapat melepas penat dipantai ini. Jika Anda beruntung Anda dapat melihat beberapa perahu nelayan, Anda dapat menyewanya untuk berkeliling ke sekitar pantai maupun ke spot diving atau snorkling.

4.      Harga tiket masuk pantai clungup

Sebelum mencapai pantai Clungup Anda harus memarkir kendaraan Anda dan berjalan melalui perkampungan warga terlebih dahulu. Disini Anda akan dikenai tiket masuk untuk ke kawasan pantai Clungup. Tiket masuk pantai Clungup sangat terjangkau, hanya Rp 6000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkirnya dikenai Rp 3000 bagi kendaraan roda dua dan Rp 5000 bagi kendaraan roda empat. Pantai ini juga memiliki tour guide, Anda dapat menyewanya dengan harga Rp 75.000 untuk satu kali memandu trip Anda. Kuota yang disarankan oleh tour guide tersebut adalah 10 orang untuk tiap rombongan wisata.

Sekian informasi lengkap tentang Pantai Clungup. Pantai ini sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat. Semoga dapat memberikan Anda wawasan dan referensi bagi rencana liburan Anda mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *